Jelang Rakernas 15-17 Juni Bidik Capres Pluralis, Nasdem Pastikan Koalisi Sebelum Akhir Tahun Ini

Partai Nasdem akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 15-17 Juni 2022, untuk merekomendasikan 3-4 nama capres kepada Ketua Umum Surya Paloh. 

Nama-nama tersebut, nantinya akan dikerucutkan hingga menjadi calon tunggal.

“Ketua Umum Nasdem akan memilih satu nama capres definitif,” kata Sekjen Partai Nasdem, Johnny G Plate kepada RM.id, Minggu (12/6).

“Selanjutnya, Ketua Umum akan membuka dialog dengan calon partai koalisi, dalam rangka membentuk koalisi Capres 2024. Agar dapat memenuhi ketentuan presidential threshold minimal 20 persen, sebagai persyaratan administratif utama pendaftaran Capres 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU),” jelasnya.

Johnny yang juga menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika meyakini, koalisi Nasdem bakal terbentuk dalam waktu singkat. Tak mepet tenggat waktu pendaftaran capres ke KPU.

“Kami meyakini, koalisi Capres 2024 dapat terbentuk dalam waktu yang tidak terlalu lama. Paling tidak, partai koalisi sudah dapat terbentuk sebelum akhir tahun 2022,” ucap mantan anggota DPR itu.

Johnny menjelaskan, kriteria capres pilihan Nasdem adalah seseorang yang mampu menyatukan keberagaman masyarakat Indonesia.

“Tokoh nasional yang punya komitmen kuat atas kebangsaan, persatuan nasional dalam bingkai negara majemuk pluralis dan multikulturalis. Sosok negarawan dengan leadership yang menonjol dan disegani,” urainya.

“Nasdem juga mensyaratkan komitmen dalam melanjutkan program pembangunan negara, dan konsistensi program pembangunan nasional,” pungkas Johnny. ■

]]> .
Sumber : Rakyat Merdeka – RM.ID .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *