Gelar Rapat Pimpinan Nasional Golkar Airlangga Mau Buka Sikap Politik Beringin

Partai Golkar hari ini menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pertama di era Ketua Umum Airlangga Hartarto. Bertajuk ‘Golkar Optimis, Indonesia Sehat dan Sejahtera,’ Beringin ingin menampung ide pengurus dan meracik strategi menuju Pemilu 2024.

“Puncaknya, akan ada pernyataan politik dari Ketum Airlangga, terkait situasi politik terkini,” ujar Ketua Panitia Pengarah Rapimnas I Golkar, Adies Kadir saat jumpa pers, di Studio Digital Partai Golkar, di Jakarta, Kamis (4/3).

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar ini menjelaskan, Rapimnas merupakan rapat satu tingkat di bawah Musyawarah Nasional (Munas) yang dihadiri 34 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat satu Partai Golkar, dan perwakilan organisasi sayap partai.

Rapimnas Golkar I di Kantor DPP Partai Golkar, di Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta, 5-6 Maret 2021. Pembukaannya dijadwalkan pada pukul 19.30 WIB, kemudian dilanjutkan esok paginya hingga selesai.

Nantinya, para pimpinan Golkar daerah akan memberikan masukan sebagai proses demokrasi internal partai kepada DPP Partai Golkar. Ide dan gagasan ini akan disarikan untuk menjadi salah satu dasar sikap politik Partai Golkar, termasuk Pemilu 2024.

Wakil Ketua Komisi III DPR ini menjelaskan, urusan pesta demokrasi menjadi poin pertama yang akan dibahas. Utamanya, menyambut Pilkada yang waktunya masih digodok di DPR. Partai Golkar akan berupaya mempertahankan suksesi Pilkada Serentak 2020.

Diungkapkan, ada 165 kepala daerah jagoan Golkar tampil sebagai pemenang. Kemenangan itu mencapai 61 persen, dan melebihi target Golkar dari 270 daerah yang menggelar Pilkada pada 2020. “Selain itu, kita juga harus lebih siap menghadapi Pemilu dan Pilpres 2024,” ucapnya.

Untuk menghadapi momentum politik 2024, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dikabarkan telah bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, Ahad (14/2), kemudian dengan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (2/4). Selain itu Airlangga juga menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (3/4).

 

Selain urusan Pemilu, Rapimnas I kali ini juga akan membahas beberapa program partai, seperti Golkar Institute, Yellow Clinic, serta sejumlah perubahan peraturan administrasi di internal Partai Golkar.

Rampimnas Golar I kali ini tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Selain digelar tatap muka, acara ini juga akan dihadiri pengurus DPD tingkat dua, dan pengurus partai lainnya yang tidak hadir di Jakarta.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Rapimnas I Partai Golkar, Meutya Hafid berharap, acara yang sudah direncanakan dengan matang ini berjalan sukses. Pasalnya, ini adalah Rapimnas pertama di saat pandemi Covid-19.

Beragam prosedur kesehatan ketat pun akan diberlakukan. Misalnya, memberlakukan swab antigen terhadap mereka yang masuk area Rapimnas I. Peserta juga dibatasi hanya Ketua DPD dan pimpinan organisasi sayap partai.

Soal pertemuan Airlangga dengan tiga pimpinan parpol, Ketua DPP Bidang Media dan Penggalangan Opini Partai Golkar ini menjelaskan, pertemuan itu merupakan silaturahmi biasa.

Meutya mengatakan, sampai saat ini Partai Golkar tidak mengagendakan konvensi calon presiden 2024. Ketua Komisi I DPR itu menerangkan, strategi Partai Golkar untuk Pilpres 2024 mendatang akan dibahas dalam Rapimnas pada 5-6 Maret 2021. “Kita tunggu saja,” pintanya.

Sedangkan Sekretaris Penyelenggara Rapimnas I Partai Golkar, Nurul Arifin mengimbau agar Pimpinan DPD I dapat menghadiri acara ini. Waketum Golkar ini optimis, pada Rapimnas I nanti akan muncul gagasan dan ide segar untukmembangun Indonesia. “Golkar itu selalu memberikan warna lain, bernuansa the party of idea,” ungkapnya. [BSH]

]]> .
Sumber : Rakyat Merdeka RM.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *